Prediksi Persija vs Persib: Macan Kemayoran Menanjak, Pangeran Biru Optimistis

21 April 2021, 20:10 WIB
Penulis: Furqon Al Fauzi
Editor: Taufani Rahmanda
Cover Persija Jakarta vs Persib Bandung
Cover Persija Jakarta vs Persib Bandung /Grafis Yusuf/Skor.id

 

SKOR.id - Partai final leg pertama Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta versus (vs) Persib Bandung akan digelar besok, Kamis (22/4/2021) malam.

Duel Persija vs Persib yang memiliki rivalitas tinggi itu akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, mulai pukul 20.30 WIB.

Persija dan Persib datang dengan kepercayaan diri tinggi. Meskipun didera kelelahan yang luar biasa, para pemain di kedua belah pihak diyakini tetap bakal tampil habis-habisan.

Tidak sedikit yang menyematkan laga Persija vs Persib merupakan final ideal di Piala Menpora 2021, melihat rivalitas dan sejarah hebat dari kedua tim.

Kedua tim sampai di final dengan performa terbaik. Sempat takluk di laga pembuka putaran grup Piala Menpora, Persija terus memperlihatkan grafik menanjak.

Klub berjulukan Macan Kemayoran ini meraih tiga kemenangan beruntun di waktu normal atas Borneo FC, Bhayangkara Solo FC, dan Barito Putera.

Pada semifinal, mereka menyingkirkan tim kejutan PSM Makassar yang juga mengalahkan mereka di awal, lewat drama adu penalti.

"Memang kami tidak sempurna di Piala Menpora ini. Kami pernah kalah, tapi yang pasti grafiknya selalu naik di laga-laga yang dilalui," kata pelatih Persija, Sudirman.

"Sementara Persib, belum terkalahkan. Insyaallah di akhir pertandingan, mereka kalah dari kami," ia menambahkan, seraya mengirimkan psywar ke kubu lawan.

Sudirman tak menampik, para pemainnya mulai mengalami kelelahan yang bisa menggangu performa di dalam lapangan. Namun ia meyakini antusiasme bisa mengalahkan kondisi fisik yang mengendur.

"Yang paling penting, dalam pertandingan ini, adalah bagaimana mental pemain saya kuat untuk menghadapi segala serangan atau permainan dari Persib," ujar Sudirman.

Pelatih Persija, Sudirman (kiri) bersama gelandang Marc Klok pada konferensi pers jelang laga leg pertama final Piala Menpora 2021, Rabu, 21 April 2021.
Pelatih Persija, Sudirman (kiri) bersama gelandang Marc Klok pada konferensi pers jelang laga leg pertama final Piala Menpora 2021, Rabu, 21 April 2021. Furqon Al Fauzi/Skor.id

Menariknya, ini bukan kali pertama kedua tim bentrok di stadion yang menjadi markas tim PS Sleman tersebut, sebab pernah terjadi delapan tahun silam.

Tepatnya pada 28 Agustus 2013, di Stadion Maguwoharjo, Persija bertindak sebagai tuan rumah menjamu Persib pada lanjutan ISL 2013. Laga berakhir seri 1-1.

Menurut Sudirman, pertandingan nanti tentu akan sangat berbeda dibanding laga-laga kedua tim di ajang lainnya.

"Bagi saya makna Persija vs Persib ini adalah pertandingan yang penuh fanatisme, penuh gejolak di medsos (media sosia). Tapi yang pasti pertandingan adalah pertandingan," katanya.

"Bagi saya sportivitas itu nomor satu. Keinginan menang kedua tim sangat besar.  Saya 'memprovokasi' pemain saya untuk selalu menang dalam setiap pertandingan."

"Tapi, yang paling penting, adalah menjaga sportivitas di dalam lapangan," Sudirman memungkasi.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat mengikuti sesi jumpa pers jelang laga final Piala Menpora 2021 melawan Persija Jakarta, Rabu (21/4/2021).
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat mengikuti sesi jumpa pers jelang laga final Piala Menpora 2021 melawan Persija Jakarta, Rabu (21/4/2021). DOK Persib

Sementara itu, optimistisme tinggi digaungkan kubu lawannya. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts bahkan sudah menantikan laga melawan Persija di final.

Kendati hanya memiliki waktu dua haru untuk mempersiapkan tim, pelatih asal Belanda tersebut yakin semua pemainnya dalam kondisi baik dan siap tempur.

"Kami menantikan dua laga final ini. Tim sudah siap setelah pemain melakukan pemulihan, meski tidak mudah bagi mereka untuk memulihkan kondisinya di saat Ramadan," ucapnya.

"Meski begitu, kami sudah bekerja sebaik mungkin untuk bisa bugar sepenuhnya di laga besok," ia menjelaskan.

Optimisme senada juga diungkapkan penyerang klub berjulukan Pangeran Biru itu, Ezra Walian yang juga tengah berburu gelar pencetak gol terbanyak Piala Menpora 2021.

Saat ini ia yang sudah memiliki tiga gol hanya tertinggal satu gol dari top skor sementara, Assanur Rijal yang mencetak empat gol untuk Persiraja Banda Aceh.

Duel antara pemain Persib, Ezra Walian (kiri) dengan bek PS Sleman Bagus Nirwanto (kanan) pada semifinal leg kedua Piala Menpora 2021
Duel antara pemain Persib, Ezra Walian (kiri) dengan bek PS Sleman Bagus Nirwanto (kanan) pada semifinal leg kedua Piala Menpora 2021

"Tentu saja, Persija adalah klub bagus, tapi kami sudah menunjukkan di turnamen ini bahwa kami adalah tim yang sangat bagus. Kami di sini satu-satunya tim yang tak terkalahkan," kata Ezra.

"Saya pikir untuk pertandingan besok, kami sudah siap. Kami memulihkan kebugaran dengan baik. Ini akan menjadi pertandingan yang bagus untuk suporter di rumah."

"Semoga kami bisa memperlihatkan permainan yang bagus dan mendapat hasil yang juga bagus," ia memungkasi.

Perkiraan Susunan Pemain

Perkiraan susunan pemain Persija Jakarta versus Persib Bandung pada laga leg pertama final Piala Menpora 2021.
Perkiraan susunan pemain Persija Jakarta versus Persib Bandung pada laga leg pertama final Piala Menpora 2021. Grafis Yusuf/Skor.id

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Marco Motta, Yann Motta, Otavio Dutra, Novri Setiawan; Rohit Chand, Marc Klok, Osvaldo Haay; Alfriyanto Nico, Marko Simic, Alfath Fathier

Pelatih: Sudirman

Persib Bandung (4-4-2): I Made Wirawan; Supardi Nasir, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus; Febri Hariyadi, Farshad Noor, Beckham Putra, Frets Butuan; Ezra Walian, Wander Luiz

Pelatih: Robert Rene Alberts

Prediksi Skor.id:
Persija 50:50 Persib

Untuk melihat update jadwal, hasil, dan klasemen lengkap Piala Menpora 2021 silakan klik link ini.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Skor Indonesia (@skorindonesia)

Berita Piala Menpora Lainnya:

Final Piala Menpora 2021: Duel Antarlini Persija Jakarta vs Persib Bandung

Final Piala Menpora 2021: Ajang Penebusan Dosa Marko Simic dan Wander Luiz

Tag

Video

Komentar

Berita Terkait

Liga 1

Rabu, 21 April 2021

Pertahanan Persija Kokoh, Pelatih Persib Tak Punya Cara Khusus untuk Membongkarnya

Duel antara Persija Jakarta dan Persib Bandung di partai final Piala Menpora 2021 tak hanya dibalut dengan panasnya rivalitas antara kedua tim

Liga 1

Rabu, 21 April 2021

Alasan Pelatih Persib Jarang Mainkan Pemain Muda di Fase Gugur Piala Menpora 2021

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts memainkan seluruh pemainnya di fase grup, tapi jarang mengubah komposisi tim di fase gugur.

Liga 1

Rabu, 21 April 2021

Gairah Marc Klok Jelang 'El Clasico' Perdananya Bersama Persija

Selain Marc Klok, pelatih Persija, Sudirman juga bergairah, mengaku sudah mengantongi kelemahan Persib.

Liga 1

Rabu, 21 April 2021

Persija Tak Kebobolan di Tiga Laga Terakhir, Begini Respons Pelatih Persib

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts merespons kokohnya pertahanan Persija pada tiga laga terakhirnya di Piala Menpora 2021.

Terbaru

Liga 1

Selasa, 21 September 2021

Eksklusif Sehari Bersama Ezra Walian: Lebih Suka Main Game Call of Duty Dibandingkan FIFA

Penyerang Persib Bandung, Ezra Walian ternyata lebih suka bermain game tembak-menembak dibandingkan permainan sepak bola.

Liga 1

Senin, 20 September 2021

Apa Kabar Diego Michiels yang Status Cederanya Diterpa Simpang Siur?

Sejak meninggalkan Borneo FC karena mengalami konflik dengan presiden klub, Nabil Husein, kiprah Diego Michiels bak hilang tenggelam ditelan bumi.

Liga 1

Senin, 20 September 2021

Rapor Pemain Indonesia di Asia: Muhammad Iqbal Debut, Asnawi Menepi

Salah satu pemain Indonesia yang berkompetisi di Asia, Muhammad Iqbal, mencatatkan debutnya di Liga Korea Selatan

Liga 1

Senin, 20 September 2021

Best XI Pekan Ketiga Liga 1 2021-2022: Pemain Lokal Unjuk Gigi

Berikut ini best XI pekan ketiga Liga 1 2021-2022 versi Skor.id.

Liga 1

Senin, 20 September 2021

Persija Belum Menang, Catatan Mereka di Liga 1 Ada yang Lebih Buruk

Persija Jakarta banyak menerima kritik utamanya dari fans mereka setelah selalu bermain imbang dalam tiga laga awal Liga 1 2021-2022

Liga 1

Senin, 20 September 2021

Update Klasemen dan Top Skor Liga 1 2021-2022: PSIS Ambil Alih Puncak Klasemen

Berikut ini Skor.id menyajikan update klasemen dan top skor Liga 1 2021-2022.

Liga 1

Senin, 20 September 2021

Liga 1 2021-2022: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Simak jadwal, hasil, klasemen, dan profil klub Liga 1 2021-2022 di dalam artikel ini!

Liga 1

Senin, 20 September 2021

Andritany Demam Berdarah, Penyebab Absen saat Persija Bersua Persipura

Andritany Ardhiyasa absen saat Persija bermain imbang tanpa gol dengan Persipura di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang

Liga 1

Minggu, 19 September 2021

Skor Indeks Liga 1 2021-2022: Persipura Jayapura vs Persija Jakarta

Berikut ini Skor Indeks Liga 1 2021-2022, penilaian pemain pada laga Persipura Jayapura melawan Persija Jakarta.

Liga 1

Minggu, 19 September 2021

Man of The Match Persipura Jayapura vs Persija Jakarta: Tony Sucipto

Tony Sucipto menjadi man of the match versi Skor.id pada laga pekan ketiga Liga 1 2021-2022 antara Persipura Jayapura vs Persija Jakarta.
X