Persis Solo Resmi Kirim Surat ke PSSI, Ada 6 Tuntutan yang Harus Dibahas di KLB

26 Oktober 2022, 07:30 WIB
Penulis: Adif Setiyoko
Editor: Taufani Rahmanda
Manajemen Persis Solo akhirnya resmi mengirimkan surat yang ditujukan kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang berisi tuntutan pertanggungjawaban atas terjadinya Tragedi Kanjuruhan, Oktober 2022.
Manajemen Persis Solo akhirnya resmi mengirimkan surat yang ditujukan kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang berisi tuntutan pertanggungjawaban atas terjadinya Tragedi Kanjuruhan, Oktober 2022. /DOK Persis Solo

SKOR.id – Manajemen Persis Solo akhirnya resmi mengirimkan surat yang ditujukan kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang berisi tuntutan pertanggungjawaban atas terjadinya Tragedi Kanjuruhan.

Surat yang dikirimkan oleh Persis Solo ini berhubungan dengan pernyataan resminya pada & Oktober 2022 serta merujuk pada laporan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.

"PT Persis Solo Saestu (Persis) menganggap bahwa federasi dan operator liga belum memenuhi tanggung jawab dan tuntutan yang telah disampaikan oleh Persis dan TGIPF," tulis pernyataan resmi Persis Solo.

"Sebagai bentuk pertanggungjawaban, Persis meminta kepada PSSI untuk melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) selambat-lambatnya 30 hari setelah surat ini dikirim," lanjutnya.

Setidaknya, surat resmi tim beralias Laskar Sambernyawa yang ditujukan kepada Ketua Umum PSSI ini berisi enam poin tuntutan.

Yang pertama, Persis mendesak pengusutan tuntas Insiden Kanjuruhan, termasuk pelaksanaan proses hukum dan pertanggungjawaban moral sesuai dengan rekomendasi TGIPF.

Cover Persis Solo
Cover Persis Solo (Grafis: Dede S Mauladi/Skor.id)

Siapa pun pihak yang bertanggung jawab atas insiden yang menewaskan 135 korban jiwa tersebut harus segera diproses secara hukum tanpa tebang pilih dan transparan.

"Memberikan hak ganti kerugian kepada seluruh korban Insiden Kanjuruhan, sekaligus jaminan keselamatan dan keamanan bagi para saksi untuk memberikan keterangan dalam proses hukum," bunyi poin kedua.

Persis turut meminta reformasi jajaran kepengurusan Komite Eksekutif (Exco) PSSI dengan sosok yang berintegritas, profesional, bertanggung jawab, dan bebas dari konflik kepentingan.

Untuk poin keempat, tim asal Kota Bengawan ini mendesak Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang kini berstatus sebagai tersangka agar bisa fokus pada penyelesaian proses hukum.

"Amandemen statuta yang isinya bertentangan dengan prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik," bunyi poin kelima tuntutan Persis.

"Statuta PSSI harus menjadi pedoman yang memiliki prinsip menyelamatkan kepentingan publik/keselamatan rakyat atau asas salus populi suprema lex esto."

Yang keenam, Laskar Sambernyawa menuntut Asosiasi Provinsi (Asprov) untuk tidak sekadar menginduk pada keputusan pusat, tetapi juga memiliki program kerja yang konkret.

Mereka juga dituntut untuk terlibat aktif dalam pengembangan ekosistem sepak bola di wilayah yang dinaungi masing-masing Asprov.

Cover Tragedi Kanjuruhan
Cover Tragedi Kanjuruhan (Grafis Yusuf/Skor.id)

Enam poin tuntutan Persis Solo yang harus dibahas pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI:

  1. Pengusutan tuntas Insiden Kanjuruhan, termasuk pelaksanaan proses hukum dan pertanggungjawaban moral sesuai dengan rekomendasi dari TGIPF. Siapa pun yang bertanggungjawab, harus segera diproses hukum tanpa tebang pilih dan transparan.
  2. Memberikan hak ganti kerugian kepada seluruh korban insiden Kanjuruhan, sekaligus jaminan keselamatan dan keamanan bagi para saksi untuk memberikan keterangan dalam proses hukum.
  3. Mereformasi jajaran kepengurusan Komite Eksekutif dengan sosok yang berintegritas, profesional, bertanggungjawab, dan bebas dari konflik kepentingan.
  4. Mengganti direktur operator liga yang kini berstatus sebagai tersangka, agar bisa fokus pada penyelesaian proses hukum.
  5. Amandemen statuta yang isinya bertentangan dengan prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik. Statuta PSSI harus menjadi pedoman yang memiliki prinsip menyelamatkan kepentingan publik/ keselamatan rakyat (salus populi suprema lex esto).
  6. Menuntut Asosiasi Provinsi (ASPROV) untuk tidak sekadar menginduk pada keputusan pusat, tapi juga memiliki program kerja yang konkret dan terlibat aktif dalam pengembangan ekosistem sepakbola di wilayah yang dinaungi.

Baca Juga Berita Tragedi Kanjuruhan Lainnya:

Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan Menjadi 135 Orang

Arema FC Dukung Perbaikan Sepak Bola Indonesia, Tak Ingin Tragedi Kanjuruhan Terulang

Aremania Beri Santunan Dua Polisi dan Bonek Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan

 

  • Sumber: persissolo.id
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Liga 1

    Senin, 24 Oktober 2022

    Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan Menjadi 135 Orang

    Korban meninggal dunia dari Tragedi Kanjuruhan bertambah menjadi 135 orang. Salah seorang Aremania yang menjalani perawatan, dikabarkan meninggal Dunia di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA).

    Liga 1

    Senin, 24 Oktober 2022

    Polisi Tahan 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan di Rutan Reskrim Polda Jatim

    Sebelum melakukan penahanan pada Senin (24/10/2022), enam tersangka Tragedi Kanjuruhan bakal menjalani pemeriksaan tambahan.

    Liga 1

    Selasa, 25 Oktober 2022

    Sikap Resmi Persija terkait Tragedi Kanjuruhan dan Transformasi Sepak Bola Indonesia

    Persija Jakarta mengeluarkan pernyataan resmi terkait Tragedi Kanjuruhan dan transformasi sepak bola Indonesia, tak terbuka soal KLB PSSI.

    Liga 1

    Selasa, 25 Oktober 2022

    Sikap PSIS Semarang soal Tragedi Kanjuruhan: Dukung RUPS LB PT LIB, tapi Abu-Abu soal KLB

    PSIS Semarang akhirnya merilis sikap resminya terkait perkembangan peristiwa Tragedi Kanjuruhan.

    Terbaru

    Liga 1

    Senin, 30 Januari 2023

    Liga 1 2022-2023: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

    Berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2022-2023 yang terus diperbaharui seiring berjalannya kompetisi, plus profil dari tim-tim pesertanya.

    Liga 1

    Senin, 30 Januari 2023

    Resmi Jadi Tersangka, Tujuh Pelaku Penyerangan Bus Persis Solo Terancam Pidana 5,5 Tahun

    Tujuh pelaku penyerangan terhadap bus tim Persis Solo telah resmi ditetapkan sebagai tersangka.

    Liga 1

    Senin, 30 Januari 2023

    Bursa Transfer Liga 1: Persikabo 1973 Resmi Jadi Klub Kesembilan Alfin Tuasalamony

    Persikabo 1973 resmi merekrut Alfin Tuasalamony untuk lanjutan Liga 1 2022-2023 dan jadi tim kesembilan yang dibela di sepak bola Indonesia.

    Liga 1

    Senin, 30 Januari 2023

    Hasil Borneo FC vs Persik: Kalahkan Macan Putih, Pesut Etam Geser Bali United

    Berikut ini hasil dan jalannya laga Borneo FC vs Persik Kediri di pekan ke-21 Liga 1 2022-2023 pada Senin (30/1/2023) malam.

    Liga 1

    Senin, 30 Januari 2023

    Sempat Dihubungi, Indra Sjafri Yakin Egy Maulana Vikri Bisa Berkembang di Dewa United FC

    Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengomentari keputusan Egy Maulana Vikri yang melanjutkan kariernya di Indonesia.

    Liga 1

    Senin, 30 Januari 2023

    Madura United Tiga Kali Kalah Beruntun, Fabio Lefundes Ajukan Pengunduran Diri

    Pelatih Fabio Lefundes mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi pelatih kepala Madura United.

    Liga 1

    Senin, 30 Januari 2023

    Hasil PSM vs Rasns Nusantara FC: Laga Sempat Dijeda 30 Menit, Juku Eja Menang Comeback

    Berikut ini hasil dan jalannya pertandingan PSM Makassar vs Rans Nusantara FC di pekan ke-21 Liga 1 2022-2023, Senin (30/1/2023) sore.

    Liga 1

    Senin, 30 Januari 2023

    Prediksi dan Link Live Streaming Borneo FC vs Persik Kediri di Liga 1 2022-2023

    Berikut prediksi dan link live streaming Borneo FC versus Persik Kediri di laga pekan ke-21 Liga 1 2022-2023.

    Liga 1

    Senin, 30 Januari 2023

    Konsekuensi Jika Arema FC Membubarkan Diri dan Mundur dari Liga 1 2022-2023

    Derasnya kecaman dari berbagai arah usai Tragedi Kanjuruhan membuat Arema FC mempertimbangkan opsi bubar.

    Liga 1

    Senin, 30 Januari 2023

    Update Bursa Transfer Paruh Musim Liga 1 2022-2023 Lengkap

    Berikut ini daftar aktivitas transfer 18 klub peserta Liga 1 2022-2023 yang akan terus di-update hingga batas waktu berakhir.
    X