Kisah Dua Gol Yadi Mulyadi dalam Laga Persib kontra PSIS Semarang

18 Mei 2020, 14:23 WIB
Penulis: Dani Wihara
Editor: Abdul Susila
Pelatih Persib U-20, Yadi Mulyadi (menghadap kamera), tidak bisa melupakan kenangan saat membawa Maung Bandung juara Liga Indonesia edisi perdana, 1994-1995.
Pelatih Persib U-20, Yadi Mulyadi (menghadap kamera), tidak bisa melupakan kenangan saat membawa Maung Bandung juara Liga Indonesia edisi perdana, 1994-1995. /Media Persib

  • Selama enam tahun membela Persib, Yadi Mulyadi mempersembahkan dua gelar juara liga dan dua gol. 
  • Uniknya, dua gol Yadi Mulyadi untuk Persib sama-sama tercipta ke gawang PSIS Semarang. 
  • Menurut Yadi Mulyadi, saat Persib main di kandang rasa tak ingin kalah membuncah karena bobotoh. 

SKOR.id - Yadi Mulyadi tidak pernah memilih lawan selama enam tahun berseragam Persib Bandung. Tekadnya, semua lawan harus dihempaskan.

Pasalnya, tuntutan bobotoh sangat tinggi. Maung Bandung tidak boleh takluk dari rivalnya, apalagi saat menjamu musuhnya di Stadion Siliwangi, Bandung.

"Kalah di Siliwangi bisa gawat. Tidur susah, ke luar rumah pun malu banget," kata Yadi yang berseragam Persib sejak 1993 hingga 1999.

Berita Persib Lainnya: Ada Permintaan Serius dari Persib Jika Liga 1 2020 Kembali Bergulir

"Semua mata, seolah memandang curiga dan ada marah yang terpendam dari sorot matanya," rekan duet Robby Darwis di jantung pertahanan Persib ini menambahkan.

Buntutnya, Yadi selalu tampil spartan. Tidak mau kalah gesit dan langkah dari pemain yang dijaganya sepanjang pertandingan berlangsung.

"Yang penting bagaimana lini belakang tidak dieksplorasi pemain asing rival yang tekniknya hebat dan gerakannya eksplosif," ujar lelaki kelahiran Lembang, 27 Desember 1969 ini.

Konsekuensinya, dia lebih memilih bertahan di sektor belakang. Maju menyambut sepak pojok pun harus bergantian dengan seniornya, Robby Darwis.

"Makanya saya jarang membuat gol buat Persib. Selama enam tahun membela Persib, saya hanya mencetak dua gol," kata Yadi pada Skor.id, Senin (18/5/2020).

Tapi lucunya, dua gol Yadi selalu bersarang ke gawang PSIS Semarang. Tidak pernah mampir ke gawang tim lainnya, hanya Mahesa Jenar, julukan PSIS.

"Saya juga bingung kenapa gol yang saya ciptakan selalu ke gawang PSIS. Padahal lawan tim manapun gairah saya selalu tinggi," Yadi bercerita.

Gol ke gawang PSIS pertama kali disuntingnya dalam Liga Indonesia perdana di Siliwangi. Memanfaatkan sepak pojok, Yadi membobol gawang rivalnya.

"Tapi saya lupa siapa yang mengeksekusi sepak pojoknya. Yang saya tahu, saya menang duel udara dan bida cetak gol perdana buat Persib," kata eks-pemain Petro Kimia Putra ini.

Gol keduanya ke gawang PSIS tercipta dalam Liga Indonesia 1997-98. Yadi yang berdiri bebas mendapat assist Peri Sandria untuk menjebol gawang I Komang Putra.

"Waktu itu golnya bukan dari duel udara. Kebetulan main bola pendek dan Peri Sandria sodorkan bola, saya shooting langsung gol," kata Yadi.

Sehari sebelumnya, menurut Yadi, bersama Peri Sandria, keduanya banyak bercanda dan ngobrol soal pertandingan melawan PSIS.

Berita Persib Lainnya: Skuad Persib Akan Kembali Berkumpul pada Awal Juni

"Mungkin dari sana ada chemistry bagus antara saya dan Peri. Setelah dua musim puasa gol, akhirnya saya bisa cetak gol lagi ke gawang PSIS," Yadi bertutur.

Walau distribusi gol Yadi buat Maung Bandung minim, tapi kontribusinya trategis. Ia jadi piliham utama dan dua kali juara, Perserikatan 1993-94 dan Ligina 1994-95.

 

Tag

Video

Berita Terkait

Liga 1

Minggu, 17 Mei 2020

Nick Kuipers Tetap di Bandung dan Ungkapkan Kerinduan Terkait Persib

Bek Persib Bandung, Nick Kuipers, mengaku sudah rindu dengan sepak bola. Pemain asal Belanda itu rindu berlatih dan bertanding bersama rekan-rekannya di tim.

Liga 1

Minggu, 17 Mei 2020

Bobotoh Persib Berharap RUPS PT LIB Jadi Momentum Kemajuan Sepak Bola

Ketua Viking Persib Club (Heru Joko) berharap RUPS PT LIB menghasilkan keputusan yang terbaik untuk sepak bola Indonesia.

Liga 1

Minggu, 17 Mei 2020

Libur Liga 1, Persib Makin Kokoh Rajai Media Sosial

Persib Bandung menjadi klub Liga 1 dengan jumlah pertumbuhan followers di media sosial terbanyak selama libur kompetisi.

Terbaru

Liga 1

Kamis, 28 Oktober 2021

Barito Putera vs Persela: Prediksi dan Link Live Streaming

Berikut Skor.id menyajikan prediksi dan link live streaming pertandingan Liga 1 2021-2022 antara Barito Putera melawan Persela Lamongan.

Liga 1

Kamis, 28 Oktober 2021

Intimidasi Wasit dan Langgar Regulasi, Persija Dijatuhi Sanksi Berat oleh Komdis PSSI

Persija Jakarta menjadi salah satu kontestan Liga 1 2021-2022 yang mendapatkan hukuman dan sanksi paling berat dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

Liga 1

Kamis, 28 Oktober 2021

Dicopot dari Jabatan Direktur Utama PSS, Marco Gracia Paulo Diminta Bersikap Bijaksana dan Dewasa

Marco Gracia Paulo telah resmi dicopot dari jabatan Direktur Utama PT PSS melalui keputusan sirkuler pemegang saham.

Liga 1

Kamis, 28 Oktober 2021

Kebersamaan Tiga Tahun Hendri Susilo dan Persiraja Berakhir di Liga 1 2021-2022

Persiraja Banda Aceh memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan pelatih kepalanya, Hendri Susilo.

Liga 1

Kamis, 28 Oktober 2021

Best XI Pekan Kesembilan Liga 1 2021-2022: Pemain Lokal Lebih Banyak

Berikut ini best XI pekan kesembilan Liga 1 2021-2022 versi Skor.id.

Liga 1

Kamis, 28 Oktober 2021

Update Rumor Pelatih Bhayangkara FC Paul Munster Masuk Bursa Pelatih Cardiff City

Seorang jurnalis, Will Unwin mengabarkan bahwa pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster, menjadi kandidat pelatih anyar Cardiff City.

Liga 1

Kamis, 28 Oktober 2021

Liga 1 2021-2022: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Simak jadwal, hasil, klasemen, dan profil klub Liga 1 2021-2022 di dalam artikel ini!

Liga 1

Rabu, 27 Oktober 2021

Skor Indeks Liga 1 2021-2022: MoTM dan Rating Pemain untuk 4 Laga 27 Oktober

Berikut skor indeks Man of The Match (MoTM) dan rating pemain empat laga Liga 1 2021-2022 hari ini.

Liga 1

Rabu, 27 Oktober 2021

Hasil PSS Sleman vs Bali United: Tren Negatif Bali United Terhenti Usai Tumbangkan Elang Jawa

Rentetan hasil negatif Bali United akhirnya terhenti setelah mampu menumbangkan PSS Sleman pada pertandingan pekan kesembilan kompetisi Liga 1 2021-2022.

Liga 1

Rabu, 27 Oktober 2021

Hasil Arema FC vs Persita: Lengah Menit Akhir, Singo Edan Gagal Menang

Berikut ini adalah hasil dan jalannya pertandingan antara Arema FC melawan Persita Tangerang di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X