Prediksi PSIS Semarang vs PSM Makassar: Duel 100 Persen Lokal, Produktivitas Lawan Kecepatan

8 April 2021, 21:09 WIB
Cover laga PSIS Semarang vs PSM Makassar yang digelar pada 9 April 2021. /Jovi Arnanda (Grafis)/Skor.id
Penulis: Furqon Al Fauzi
Editor: Taufani Rahmanda

SKOR.id - Laga pertama babak perempat final Piala Menpora 2021 akan mempertemukan PSIS Semarang versus (vs) PSM Makassar.

Duel juara Grup A dan Runner-up Grup B ini akan dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (9/4/2021) pukul 18.00 WIB.

Laga PSIS vs PSM diyakini bakal berjalan menarik lantaran kedua tim sama-sama mengandalkan 100 persen pemain lokal penuh talenta di Piala Menpora 2021.

Duel besok juga akan mempertemukan tim dengan produktivitas gol tinggi melawan tim yang sangat mengandalkan kecepatan dari sektor sayap.

Seperti diketahui, selama fase grup, PSIS tercatat sebagai tim dengan tersubur yakni menciptakan sembilan gol dari tiga laga (tiga gol per pertandingan).

Fandi Eko Utomo, Pratama Arhan, dan Hari Nur Yulianto menjadi pemain penting dari melejitnya PSIS di Piala Menpora 2021.

Pelatih tim berjulukkan Laskar Mahesa Jenar, Dragan Djukanovic, juga telah membawa 22 pemain untuk menghadapi Juku Eja, julukan PSM.

Ia hanya meninggalkan tiga pemain yakni Rio Saputro yang terkena akumulasi kartu, serta Farrel Arya dan Septian David Maulana yang masih menjalani pemulihan cedera.

Dengan 22 pemain yang dibawanya, Dragan menilai PSIS dalam kondisi siap tempur. Ia pun mewaspadai PSM yang datang dengan kolaborasi pemain muda dan senior berpengalaman.

"Kami siap dan sudah mempersiapkan diri 100 persen untuk menghadapi pertandingan besok," kata pelatih asal Serbia itu, Kamis (8/4/2021).

"PSM adalah tim yang baik dan kuat dan dipenuhi beberapa pemain berpengalaman seperti Zulkifli (Syukur), Rasyid (Bakri), dan Abdul Rahman,” ia menambahkan.

Sementara PSM, tidak bisa diremehkan melihat kejutan yang diberikannya di fase grup. Terlebih adanya kekuatan dalam kecepatan di sisi sayap tim.

Juku Eja berada di babak 8 besar setelah lolos dari "grup neraka", yakni usai menghadapi Persija Jakarta, Bhayangkara Solo FC, dan Borneo FC.

Pelatih PSIS Semarang, Dragan Djukanovic, saat memimpin latihan timnya jelang laga melawan PSM Makassar pada babak delapan besar Piala Menpora 2021. DOK PSIS

Tim asuhan Syamsuddin Batolla ini keluar sebagai runner-up tanpa mengalami kekalahan dan memiliki Yakob Sayuri yang sejauh ini jadi bintang tim di fase grup.

Sang pelatih pun mengaku sudah memiliki rencana, cara untuk meredam agresivitas lini serang PSIS. Yakni dengan bermain sabar, disiplin, dan kerja keras.

"Ya kami sih tidak keluar dari bagaimana permainan anak-anak kami dan saya selalu instruksikan anak-anak bahwa kalian harus bermain disiplin, sabar, dan kerja keras, nah itu yang selalu saya tekankan pada pemain saya," kata Syamsuddin.

Ia juga telah menyiapkan timnya untuk menghadapi babak adu penalti apabila pertandingan berakhir imbang. Beberapa pemain sudah disiapkan untuk menjadi algojo.

Latihan khusus mengantisipasi tendangan penalti pun diberikan ke para penjaga gawang. Secara keseluruhan, persiapan PSM dinilai sudah cukup matang dan siap menghadapi PSIS.

"Kami sudah jauh-jauh hari mempersiapkan semua masalah adu penalti. Saya sudah mempersiapkan dan melatih beberapa pemain," kata Syamsuddin.

"Kiper juga sudah saya siapkan. Itu juga kita secara tim sudah siap menghadapi hal-hal itu," ia menambahkan.

Pelatih PSM Makassar untuk Piala Menpora 2021, Syamsuddin Batola, memimpin latihan timnya, Maret 2021. Instagram PSM Makassar

Perkiraan Formasi

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra; Fredyan Wahyu, Wahyu Prasetyo, Alfreanda Dewangga, Pratama Arhan; Fandi Eko, Safrudin Tahar, Eka Febri; Finky Pasamba, Hari Nur Yulianto, Komarudin

PSM Makassar (4-3-3): Hilmansyah; Zulkifli Syukur, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, Abdul Rachman; Rasyid Bakri, M Arfan, Sutanto Tan; Yakob Sayuri, Zulham Zamrun, Saldy

Perkiraan Susunan Pemain PSIS Semarang vs PSM Makassar Grafis Yusuf/Skor.id

Prediksi Skor.id:

PSIS Semarang 55-45 PSM Makassar

Untuk melihat update jadwal, hasil, dan klasemen lengkap Piala Menpora 2021 silakan klik link ini.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Skor Indonesia (@skorindonesia)

Berita Piala Menpora 2021 Lainnya:

Gagal di Piala Menpora 2021, Begini Nasib Silvio Escobar di Persiraja

Sempat Dikritik, Yann Motta Bertekad Bawa Persija Juara Piala Menpora 2021

Tag

Berita Terkait

Latest