8 Pemain Indonesia yang Membela Klub Lebih dari Satu di Luar Negeri

16 Juli 2021, 19:30 WIB
Penulis: Furqon Al Fauzi
Editor: Taufani Rahmanda
Rochi Putiray (paling kanan) melatih tim sepak bola putri Jakarta, Juni 2021.
Rochi Putiray (paling kanan) melatih tim sepak bola putri Jakarta, Juni 2021. /Dokumentasi Pribadi Rochi Putiray

  • Berikut ini Skor.id menyajikan uraian para pemain Indonesia yang pernah membela lebih dari satu klub di luar negeri.
  • Setidaknya ada delapan pemain Indonesia, dengan posisi striker dan winger yang paling laris dilirik klub luar negeri.
  • Eksistensi pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri, khususnya lebih dari satu klub, dimulai dari Rochi Putiray dan berlanjut hingga kini.

SKOR.id - Potensi pesepak bola Indonesia sejatinya tak bisa diremehkan. Terbukti, di hampir setiap generasi, beberapa pemain dilirik dan mampu bersaing di klub luar negeri.

Bahkan, ada pula pemain asal Indonesia yang pernah membela dua atau lebih klub luar negeri, yang artinya kemampuan mereka terbilang konsisten.

Setidaknya sejak era 90-an hingga saat ini, ada sejumlah pemain Indonesia yang pernah membela dua klub berbeda atau lebih luar negeri.

Itu juga bisa berlanjut, sebab beberapa pemain muda Indonesia saat ini tengah meniti karier di luar negeri seperti Egy Maulana Vikri, Brylian Aldama, David Maulana, dan Witan Sulaeman.

Skor.id merangkum setidaknya ada delapan pemain Indonesia yang pernah membela lebih dari satu klub di luar negeri. Beriku ini uraiannya:

1. Rochi Putiray

Nama Rochi Putiray mungkin bisa dibilang sebagai cikal bakal pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Pria dengan nama lengkap Rochi Melkiano Putiray ini cukup sukses dalam kariernya bersama klub luar negeri khususnya Hong Kong.

Tidak hanya satu, Rochi sempat membela empat tim berbeda asal Hong Kong, dimulai dari Instant Dict pada musim 2000-2001.

Ia kemudian pindah ke Happy Valley setahun berikutnya. Rochi sempat kembali ke Indonesia dengan memperkuat PSM Makassar, tapi kembali ke Hong Kong South China pada Juli 2002.

Kitchee FC merupakan klub Hongkong terakhir yang dibela Rochi tepatnya pada musim 2003-2004.

Adapun jauh sebelumya, ia pernah memperkuat tim luar negeri, namum status pinjaman, yakni klub Republik Ceko, FK Dukla Prague pada musim 1990-1991.

Kurniawan Dwi Yulianto bersama bintang timnas Inggris era 1990-an, David Platt saat sama berkostum Sampdoria saat tur pra-musim ke Asia pada 1994.
Kurniawan Dwi Yulianto bersama bintang timnas Inggris era 1990-an, David Platt saat sama berkostum Sampdoria saat tur pra-musim ke Asia pada 1994. Dok. Galeh Pramudianto

2. Kurniawan Dwi Yulianto

Sinar terang seorang Kurniawan Dwi Yulianto sudah terlihat saat dirinya masih muda. Bakat istimewa yang dimiliki membawanya sampai ke Italia.

Kurniawan sempat memperkuat tim Sampdoria U-19 pada 1993-1994. Potensinya kemudian tercium klub asal Swiss FC, Luzern yang merekrutnya pada musim 1994-1995.

Ia juga sempat melanjutkan kariernya di klub Malaysia pada musim 2005-2006 setelah malang melintang di sejumlah klub Tanah Air.

Pemain Persija pada Liga Indonesia 2001, di antaranya Bambang Pamungkas, Anang Maruf, Nuralim, Warsidi, dan Antonio Claudio (kiri ke kanan) dalam sebuah kesempatan seusai latihan.
Pemain Persija pada Liga Indonesia 2001, di antaranya Bambang Pamungkas, Anang Maruf, Nuralim, Warsidi, dan Antonio Claudio (kiri ke kanan) dalam sebuah kesempatan seusai latihan. Media Persija

3. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas tak mau ketinggalan mengikuti jejak dua stiker seniornya, Rochi Putiray dan Kurniawan Dwi Yulianto, berkarier di luar negeri.

Setelah berhasil membawa Persija Jakarta juara pada 2001 sekaligus jadi pencetak gol terbanyak, ia tak menyia-nyiakan kesempatan bermain di Eropa.

Bepe, sapaan karibnya, lantas melanjutkan karier di klub asal Belanda, NHC Norad yang berkompetisi di kasta ketiga.

Ia berhasil mencetak 7 gol dari 11 pertandingan bersama NHC Norad dan di Belanda juga sempat membela EHC Hoensbroek.

Namun begitu, Bepe hanya merasakan atmosfer sepak bola Eropa selama 4 bulan. Ia kembali ke Persija dan sempat melebarkan sayapnya di Malaysia.

Yakni memperkuat Selangor FA dan mempersembahkan sejumlah trofi untuk klub dan meraih gelar individu seperti pencetak gol terbanyak Liga Primer Malaysia dan FA Cup Malaysia.

Irfan Bachdim (Timnas Indonesia)
Irfan Bachdim (Timnas Indonesia) Ady Sesotya/Skor.id

4. Irfan Bachdim

Irfan Bachdim merupakan pemain keturunan Belanda yang saat ini membela klub Liga 1, PS Sleman.

Ia yang memang memulai kariernya di Akademi Ajax Amsterdam, memang lebih banyak bermain untuk klub luar Indonesia.

Pada 2007-2008, Irfan Bachdim tercatat bermain untuk Utrecht U-21 yang menjadi jembatan karier profesionalnya.

Musim berikutnya ia memperkuat HFC Haarlem, kemudian pindah ke SV Argon pada 2010.

Pada musim 2012-2013, Irfan Bachdim mencoba peruntungan di kompetisi Asia, tepatnya  bergabung dengan klub besar asal Thailand, Chonburi FC.

Irfan Bachdim lantas pindah ke klub Thailand lainnya yakni Huai Thalaeng United pada 2013 dan potensinya kemudian tercium oleh klub asal Jepang.

Ia bergabung dengan klub kasta kedua, Ventforet Kofu pada 2013-2014 dan Hokkaido Consadole Sapporo di 2014-2015.

Andik Vermansyah saat membela timnas Indonesia / Instagram Andik Vermansyah/
Andik Vermansyah saat membela timnas Indonesia / Instagram Andik Vermansyah/ Andik Vermansyah

5. Andik Vermansah

Andik Vermansah sudah dua kali memperkuat klub luar negeri, tepatnya Malaysia, yakni Selangor FC pada 2013-2014 dan Kedah FC di musim 2017-2018.

Dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu, ia menceritakan bahwa dirinya sempat menolak untuk melanjutkan karier di salah satu klub Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

Andik lebih memilih gabung klub Malaysia karena takut tidak bisa beradaptasi dengan baik di AS ataupun Jepang yang jaraknya lebih jauh dari Indonesia.

Yanto Basna menjalani pemanasan jelang timnya PT Prachuap FC menjamu Nakhon Ratchasima pada pekan ke-25 Thai League 1 di Stadion Sam Ao, 6 Maret 2021.
Yanto Basna menjalani pemanasan jelang timnya PT Prachuap FC menjamu Nakhon Ratchasima pada pekan ke-25 Thai League 1 di Stadion Sam Ao, 6 Maret 2021. Facebook.com/PrachuapFc2011

6. Yanto Basna

Yanto Basna bisa dikatakan pemain Indonesia yang sukses berkarier di luar negeri untuk saat ini, setelah memulai perjalanannya ke Thailand membela Khon Kaen FC, 2017-2018.

Berkat potensi dan kemampuannya beradaptasi cepat di kompetisi kasta kedua Thailand, ia direkrut tim yang lebih baik secara performa yakni Sukothai FC pada musim 2018-2019.

Yanto Basna pun sudah bisa mencicipi kualitas kompetisi kasta tertinggi sepak bola Thailand dengan memperkuat PT Prachuap FC pada 2019, hingga sekarang masih terikat kontrak.

Saddil Ramdani dan para pemain Sabah FC merayakan gol ke gawang UiTM pada laga lanjutan Liga Super Malaysia 2021.
Saddil Ramdani dan para pemain Sabah FC merayakan gol ke gawang UiTM pada laga lanjutan Liga Super Malaysia 2021. DOK Sabah FC

7. Saddil Ramdani

Sri Pahang FC merupakan klub luar negeri pertama yang dibela Saddil Ramdani, yakni pada musim 2018-2019.

Sempat kembali ke Indonesia dan memperkuat Bhayangkara FC, ia kembali bermain untuk klub Liga Super Malaysia, pada awal 2021, kali ini Sabah FC yang dilatih Kurniawan Dwi Yulianto.

Aksi Ryuji Utomo sat membela Penang FC yang menang atas Kuala Lumpur City FC dalam laga pekan pertama Liga Super Malaysia 2021 di Stadion Bandaraya, Pulau Pinang, 6 Maret 2021.
Aksi Ryuji Utomo sat membela Penang FC yang menang atas Kuala Lumpur City FC dalam laga pekan pertama Liga Super Malaysia 2021 di Stadion Bandaraya, Pulau Pinang, 6 Maret 2021. Facebook.com/PenangFC/

8. Ryuji Utomo

Etos kerja dan kedisiplinan tingkat tinggi yang kerap diperlihatkan Ryuji Utomo membuatnya bisa berakier di tiga negara berbeda.

Ia sempat bikin heboh dengan bergabung ke klub Bahrain, Al Najma, pada 2015-2016. Kemudian dilanjutkan ke Thailand untuk membela PTT Rayong di kasta kedua.

Sempat kembali ke Indonesia, mulai awal 2021, Ryuji Utomo kembali berkarier di luar negeri yang kali ini membela Penang FC di Malaysia.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Fitur Sepak Bola Nasional Lainnya:

Kiprah: Imam Rohmawan, Membina Pemain Usia Dini Lebih Kompleks

Profil 5 Pemain Asal Inggris di Liga Indonesia

 

Tag

Video

Berita Terkait

Liga 1

Jumat, 16 Juli 2021

Ke Media Italia, Angelo Alessio Bicara Materi Pemain Persija dan Kekurangannya

Pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio berbicara soal klubnya kepada media asal negaranya, Italia.

Timnas Indonesia

Jumat, 16 Juli 2021

Resmi, Timnas Indonesia Gelar TC Persiapan Playoff Piala Asia 2023 Awal Agustus

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong akan datang menyusul dan TC tidak digelar di Jakarta.

Timnas Indonesia

Jumat, 16 Juli 2021

Shin Tae-yong Telat Pimpin TC Timnas Indonesia

Pelatih Shin Tae-yong sekali lagi terlambat kembali ke Indonesia dan tak bisa memimpin TC timnas Indonesia sejak awal.

Liga 1

Jumat, 16 Juli 2021

Borneo FC Bakal Jalin Kerja Sama dengan Tim Eropa Misterius

Presiden Borneo FC, Nabil Husein, menyebut timnya akan bekerja sama dengan klub asal Eropa.

Terbaru

Liga 1

Senin, 25 Oktober 2021

Skor Indeks Liga 1 2021-2022: MoTM dan Rating Pemain untuk 2 Laga 25 Oktober

Berikut skor indeks Man of The Match (MoTM) dan rating pemain untuk dua laga Liga 1 2021-2022, Persipura vs Barito Putera dan Persela vs Persik.

Liga 1

Senin, 25 Oktober 2021

Hasil Persela vs Persik: Malik Risaldi Bawa Laskar Joko Tingkir Menang

Berikut ini hasil dan jalannya pertandingan antara Persela Lamongan versus Persik Kediri di pekan kesembilan Liga 1 2021-2022.

Liga 1

Senin, 25 Oktober 2021

Persija vs Persebaya: Prediksi dan Link Live Streaming

Berikut ini prediksi dan link live streaming laga Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya di pekan kesembilan Liga 1 2021-2022.

Liga 1

Senin, 25 Oktober 2021

PSIS Semarang vs Persib Bandung: Prediksi dan Link Live Streaming

Berikut ini adalah prediksi dan link live streaming pertandingan antara PSIS Semarang versus Persib Bandung.

Liga 1

Senin, 25 Oktober 2021

PSM Makassar vs Persikabo: Prediksi dan Link Live Streaming

PSM Makassar akan berjumpa dengan Persikabo pada pertandingan pekan kesembilan Liga 1 2021-2022, berikut prediksi dan link live streaming.

Liga 1

Senin, 25 Oktober 2021

Persela Lamongan vs Persik Kediri: Prediksi dan Link Live Streaming

Berikut ini prediksi dan link live streaming laga pekan kesembilan Liga 1 2021-2022 antara Persela versus Persik Kediri.

Liga 1

Senin, 25 Oktober 2021

Pendapat Pelatih Persija dan Persebaya soal Kinerja Wasit Liga 1 2021-2022

Beberapa keputusan kontroversial terjadi di Liga 1 dan Liga 2. Aji Santoso ingin wasit yang salah mendapatkan sanksi, seperti pemain dan pelatih.

Liga 1

Senin, 25 Oktober 2021

Hasil Persipura vs Barito Putera: Laskar Antasari Perbaiki Catatan Negatif, Mutiara Hitam Makin Terpendam

Persipura Jayapura makin terpendam di dasar klasemen Liga 1 2021-2022 usai menelan kekalahan dari Barito Putera dengan skor 0-1.

Liga 1

Senin, 25 Oktober 2021

Kekuatan Persebaya di Mata Pelatih Persija, Angelo Alessio

Pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio, memberikan penilaian terkait skuad Persebaya Surabaya saat ini.

Liga 1

Senin, 25 Oktober 2021

Persipura vs Barito Putera: Prediksi dan Link Live Streaming

Berikut ini prediksi dan link live streaming laga pekan kesembilan Liga 1 2021-2022 antara Persipura vs Barito Putera.

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X